Laman

Thursday, 16 September 2010

Catatan Bunda Adilah










Biodata Adilah
Nama : Adilah Humaira Hatta
Tempat Tanggal Lahir : Bojonggede - Bogor, 14 April 2010
Hari : Rabu
Jam : 11.20 WIB
Berat Badan : 3,4 Kg
Panjang Badan : 52 cm
Nama Ayah : Arie Nurul Hatta
Nama Ibu : Agustini

Tumbuh kembang Adilah:











Umur 3 hari: Adilah banyak tidur, tidur hampir 24 jam, susah dibangunin,menyusu masih jarang, sempat bilirubin (kuning) karena kurang minum dan jemur. beberapa hari terakhir di minggu pertama sering 'ngulet' + siklus menyusui masih jarang kira-kira 4 jam sekali.

Hari pertama minggu ke 2: Adilah 'nguletnya' makin sering bahkan sudah mulai memiringkan badan dan siklus menyusuinya mulai teratur 2 jam sekali.

Usia 1 bulan: di usia 1 bulan ini Adilah sudah mulai aktif, senang tidur miring, jam tidurnya sedikit berkurang dan  sudah bisa tersenyum lebar walaupun belum bersuara.

Usia 1,5 bulan : siklus tidur Adilah berubah lagi, tidur siang bisa sampai 10 jam tapi tidur malamnya sudah mulai berkurang dan  Adilah senang jika tidurnya telungkup. Untuk menyusu lebih sering kadang 1 jam sekali. pada usia ini juga pendengeran dan penglihatan mulai berfungsi dalam menerima rangsangan.










Usia 2 bulan: Adilah mulai senang memasukkan jari tangan kedalam mulut, kebiasaan Adilah yang lain kalo' tidur sering miring terus karena tidur terlentang Adilah sering kaget sehingga menggangu tidurnya. Oh ya..pada usia ini Adilah sudah bisa tersenyum lebar walaupun hanya sekali-kali. (senyumnya mahal...he..he..)
di usia 2 bulan ini siklusnya berubah lagi, mulai tidur malam jam 21.00 dan kalo' bangun jam 04.00 pagi. perkembangan lainnya Adilah sudah mulai memanggil jika saat bangun tidak ada ayah dan bunda disampingnya dengan nada panggilan "Ee...Ee..". Ngembeknya bertambah dan kalo nangis sangat nyaring. (sayang rekamannya engga bisa dishare..)
pada usia ini juga Adilah sudah mulai merespo gerak tangan terutama ketika digelitikin sama bundanya.

Usia 2,5 bulan: Pola tidur Adilah  berubah, tidur siangnya sudah mulai berkurang dan tidur malamnya jam 23.00 malam baru tidur...rewel pula.(he..he..ujian kesabaran)

Suara tangisnya sangat kencang bahkan kadang menjerit.
Adilah pada usia ini mulai mengangkat kepalanya walapun masih agak sulit membolak-balikan kekiri dan kekanan masih memerlukan bantuan bundanya. ehm..m..Adilah sangat ingin tengkurap sendiri akan tetapi dia belom bisa...dan usahanya itu loh..subhanallah..walaupun sering gagal tapi terus mencoba.

140710....Alhamdulillah....sekarang Adilah udah 3 bulan...subhanallah....ga terasa Adilah semakin pintar..he..he.. Sekarang Ila (panggilan kecil Adilah) semakin sering ngoceh...kalo udah sekali ngoceh durasinya bisa nyampe 2 menit lho...:). Lucu banget deehh...apalagi kalo Ila lagi main sendiri karena ditinggal Bunda memasak misalnya...sepertinya dia sedang berimajinasi. Subhanallah....
Di usianya yang ke-3 bulan ini, Ila semakin murah senyum...ketika diajak bercanda Ila terlihat sangat senang dan tidak jarang Ila tersenyum lebar walaupun belum mengeluarkan suara.
Masyaallah...Ila terserang guam (bibir putih) seperti panas dalam. Entah hanya mitos atau malah fakta, katanya sich gara-gara Bunda senang mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas. he..he..lucu juga. masuk akal ga sih...?:). Ternyata hal itu disebabkan oleh bakteri, bisa karena kurang sterilnya benda sekitar yang sering dimainkan Ila atau juga ketika Ila menyusu.

Untuk perkembangan lain, alhamdulillah Ila udah bisa tengkurap hanya saja Ila belum bisa memindahkan salah satu tangannya. Karena hal ini sekarang Ila jadi punya nenek "baru" deh...he..he...
Lho...kok bisa? iya, tangan Ila jadi keseleo dan pegel-pegel karena sering tertindih badannya. dan Ila sekarang jadi salah satu pasien nenek urutnya deh. Hampir tiap bulan Ila diurut. Ya paling tidak selain khawatir Ila keseleo juga untuk meluruskan urat-urat tubuhnya kali ya...(sok tau...emangnya rambut pake dilurusin..he..he..)

Hari ini 210710 tepat 3 bulan 7 hari dari usia Ila, dia udah bisa tengkurap secara sempurna. Selain udah bisa memindahkan salah satu tangannya Ila juga udah bisa memindahkan kepalanya kekanan kekiri. Saking semangatnya tidak jarang kepalanya "dibanting" sewaktu dibalikkan. hhmm...sekarang itu juga menjadi salah satu sebab serignya Ila diurut. Kalau bahasa nenek urutnya sih..."kecengklak", ya...masih sodaraan sih sama keseleo...he..he...Tidurnya udah ga mau miring atau terlentang lagi, pengennya tengkurap terus. Bahkan Ila kuat seharian tidur dalam posisi itu, (wow...berlebihan ga sichh...).

Alhamdulillah...hari ini (2207) hari pertama Ila menimbang badannya di Posyandu. Kalau sebelumnya baik imunisasi maupun menimbang badan selalu di Bidan. Subhanallah...berat badan Ila naik drastis.
Dari BB 4,8 kg menjadi 5,8 kg. Oya...kebiasaan baru Ila sekarang adalah Ila senang menjalin/menyatukan kedua tangannya sambil diperhatikan dan disertai ocehan-ocehan lucunya. Seru deh kalau dengar Ila lagi ngoceh...:) rraaammmeee...ban_ged...he...he...

Ga terasa sekarang Ila udah 3,5 bulan. Banyak perkembangan baru yang dialami Ila. Seperti saat ini Ila senang memainkan mulut/bibirnya sehingga mengeluarkan suara "ccapprrr..."
(bersambung)